Minggu, 10 April 2016

Perbedaann Jenis USB 2.0 dan 3.0 Secara Lengkap

Kekurangan dan kelebihan USB 2.0 dan 3.0 - Universal Serial bus atau di sebut juga USB merupakan sebuah perangkat penghubung antara perangkat periperal dengan perangkat cpu seperti Usb Flash ,konsol permainan dan perangkat lainya. USB kemampuan plug-and-play (pasang-dan-mainkan) dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer. Ketika USB dipasang, ia langsung dikenal sistem komputer dan memproses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.

Jenis-Jenis  Port Universal Serial Bus

1.Usb Type-A

USB type-A ini lebih dikenal dengan USB standard-A. USB tipe ini memiliki desain dengan bentuk asli dari USB yaitu persegi panjang dan berbentuk pipih. USB tipe A ini dapat dijumpai pada port yang ada pada laptop, PC, desktop, game console dan media player.

2.USB Type-B

Sedangkan USB tipe B adalah sebuah ujung USB yang dapat dihubungkan dengan peripheral (printer, hardisk eksternal dan smartphone/ponsel). Seperti yang diketahui bahwa device peripheral memiliki bentuk yang bermacam-macam, maka USB tipe B dan port nya juga memiliki desain yang bermacam-macam.

Jenis-jenis USB tipe B
  • Jenis pertama yaitu Standarad-B USB 3.0
Desain dari jenis ini sama dengan USB Standard-B. Namun kecepatannya dibuat sama dengan kecepatan USB 3.0. Ciri khas dai jenis ini terletak pada ujungnya yaitu berwarna biru.
  • Micro USB 3.0
Jenis ini merupakan desain terbaru dari USB tipe B. Sebagian besar dari tipe ini digunakan pada USB 3.0 port driver.
  • Micro USB
Micro USB memiliki bentuk yang lebih kecil dibanding Mini USB. Saat ini untuk port USB tipe B ini paling banyak digunakan pada perangkat smartphone, kamera dan drive portable lainnya.
  • Mini USB
Ukuran USB jenis ini sangat kecil. Sayangnya saat ini tidak banyak yang menggunakan jenis USB ini. USB tipe B jenis ini bisa ditemukan pada drive portable tua seperti kamera dan smartphone.
  • Original Standar
Original standar ini dibuat untuk peripheral besar seperi printer atau scanner ke komputer. Pertama kali dibuat USB 1.1 yang juga dapat digunakan oleh USB 2.0



Secara garis besar berbedaan kedua nya yakni kalau "USB Tipe-A merupakan ujung yang di sambungkan ke PC/Laptop Sedangkan usb Type-B merupakan ujung yang berguna untuk menyambungkan Perangkat periperal seperti : Hardisk External,Smartphone,Printer dan lainya .

Baca Juga : Perbedaan HDD Dan SSD

Perbedaan USB 3.0 Dan USB 2.0

Usb 2.0 merupakan sebuah perangkat penghubung antara perangkat periperal yang di rilis pada tahun 2000 atau versi penyempurna dari usb 1.0 yang memiliki transfer rate rata kecepatan data 480MB/detik .ciri dari usb yang satu ini memiliki slot yang berwarna putih tetapi ada juga yang berwarna hitam.

Sedangkan USB 3.0 Merupakan sebuah transfer bus terbaru yang memiliki kecepatan 3.2 GB/Detik,ini merupakan sebuah teknlogi terbaru dari perangkat usb yang di rilis secara resmi pada tahun 2007 kekurangan dari usb ini memiliki banyak masalah pada driver karena masih banyak pc atau operasi sistem yang belum support dengan komponen ini.ciri dari usb 3.0 ini memiliki warna biru pada slot nya.

Kekurangan Kelebihan USB 2.0 Dan USB 3.0


Universal Serial Bus
USB 3.0
USB 2.0
Transper Rate
3.2 GB/S
480 MB
Driver Kompetible
Perlu driver
Tidak Perlu Driver
Support OS
Windows 7,8,10
Windows Xp,7,8,10

Itulah Sekilas tentang Perbedaan Jenis USB 2.0 Dan 3.0 cukup sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat dan  jangan luka like and share nya .

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah Dengan baik Dengan di dasari ketulusan hati bukan untuk kepentingan sendiri