Selasa, 05 April 2016

Penyebab dan cara memperbaiki hardisk bad sector

Mencegah dan cara memperbaiki Hardisk bad sector -  Hardisk merupakan sebah komponen utama dalam sebuah komputer karena hdd ini kita bisa menjalakan suata operasi baik aplikasi maupun program lainya tapi apa jadinya jika Komponen ini rusak,mungkin untuk komponen nya bisa kita beli lagi tapi data yang kita simpan tidak akan bisa di beli lagi kan ? jadi bad sector adalah suatu tanda yang menyatakan bahwa ada bagian tertentu dari fisik hardisk  yang mengalami kerusakan yang bisa menyebabkan hardisk ini tidak bekerja maksimal bahkan tidak bisa digunakan lagi.


Nah untuk meminimalisir dan memperbaiki nya kita harus tahu terlebih dahulu penyebab dan ciri -ciri  hardisk bisa bad sector sebagai berikut :

Ciri-Ciri Hardisk Bad sector
  1. Loading HDD sangat lambat meskipun LED blinking menandakan ada aktifitas pembacaan, tapi blinking berulang-ulang, tanda ada bad sector. 
  2. Komputer menjadi lambat, layaknya terkena virus. Komputer sangat lambat ketika mengeksekusi suatu perinah dari user. Berdasar pengalaman saya, banyak orang yang mengira hal ini disebabkan oleh virus, namun ketika OS di instal ulang masih tetap.
  3.  Munculnya suara-suara aneh dari hardisk. biasanya terdengar seperti berderit, atau bersiut.
  4. Banyaknya file yang korup di dalam hardisk anda bisa jadi indikasi bahwa ada kejanggalan dihardiks sobat! maksud dari korupnya file ini bukan korup dari awalnya! namun sebelumnya file itu baik-baik saja! namun ketika terjadi ke err0\oran dalam hardisk file normal pun bisa korup.

Penyebab Hardsik Bad Sector
  1. Melemahnya magnetik dari piringan harddisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karenanya ketidakmampuan untuk menyimpan data.
  2. Akibat dari guncangan atau getaran, dimana saat mengoperasikan komputer, dan saat harddisk sedang melakukan proses baca dan tulis, bila terjadi goncangan atau getaran, dapat menyebabkan head akan menggesek piringan dari harddisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan, sehingga terjadi bad sector.
  3. Daya listrik yang menurun secara tiba-tiba saat harddisk melakukan proses baca dan tulis, sehingga head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba, dimana head dapat menggesek piringan harddisk
  4. Akibat dari susunan file pada harddisk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi, yang lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari harddisk dan mengakibatkan bad sector pada harddisk.

Cara Mengurangi untuk memperbaiki bad sector :

Nah bagi anda yang ingin memperbaiki bad sector mungkin cukup sulit tapi anda bisa mengurangi kendala bad sector ini karena jika ingin memperbaiki secara keseluruhan maka harus ada pergantian hardware nah di bawah ini beberapa cara meminimalisir Bad hardisk.


  1. Buka windows explorer (tekan windows + E pada keyboard)
  2. Klik kanan pada disk yang akan dicek lalu pilih properties
  3. Buka tab 'Tools' lalu pada bagian error checking pilih 'Check now'

  4. Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector
  5. Centang kedua pilihan lalu pilih 'Start'
  6. Setelah itu komputer anda akan restart
  7. untuk lebih jeli nya lagi anda bisa menggunakan dengan bantuan (Baca:Aplikasi untuk memperbaiki bad sector hardisk )

Mencegah Hardisk Rusak akibat Bad Sector

  1. Bersihkan PC anda secara berkala untuk mencegah debu menempel pada Hardware (ini berlaku pada seluruh komponen yang ada di cpu)
  2. Gunakan stabilizer untuk mencegah naik turun daya yang menyebabkan kestabilan listrik pada hardisk tergangu
  3. Jika mampu belilah UPS jika mampu untuk mencegah terjadinya listrik tiba tiba mati karena ups ini berguna menyimpan daya listrik untuk sementara waktu
  4. Jika anda kesal dengan pc anda jangan sekali mebenture atau memukul CPU anda bukan karena kasihan tapi hardisk ini sangat sensitif terhadap benturan karena bisa menggangu laju putaran pada piringan magnetik.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan baik Dengan di dasari ketulusan hati bukan untuk kepentingan sendiri