Senin, 04 April 2016

Detail Perbandingan SSD dan HDD

Apa itu ssd dan hdd ? keduanya merupakan komponen utama yang berada di dalam komputer  PC maupun laptop yang berguna untuk menyimpan data secara permanent (non volatile) walaupun pada keyataan nya dapat di hapus tetapi kita bisa melakukan recovery data untuk mengangkat kembali data nya kembali.lalu apa Perbedaan yang spesifik dari kedua perangkat keras ini mari kita simak sama sama.


1. Hard disk Drive


adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Diska keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Diska keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Diska keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar diska keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.

yang khas dari perangkat keras ini yakni memiliki daya getar yang cukup besar karena menggunakan piringan  magnetic platters  yang dan memiliki masalah ketika bad sector (Apa itu Bad sector hardisk ) menghampiri walaupun begitu hardisk ini memiliki sebuah masa yang cukup lama dalam menaungi dunia teknologi.


2.Solid State Drive


Solid state Disk merupakan sebuah teknologi terbaru dari perangkat penyimpanan data yang mengunakan serangkai IC (Integrate Circuit) yang di gunakan untuk penyimpanan data permanent,komponen ini mirip dengan perangkar penyimpanan yang usb Flash Drive(Flasdisk) yang sering kita gunakan untuk menyimpan data .

Perangkat ini sering di gunakan banyak orang untuk mempercepat kinerja komputer nya karena perangkat ini 2 kali lebih cepat dalam pengoprasian sistem di komputer.

Perbandigan Antara HDD dan SSD

Di bawah ini merupakan detail sepesifik dari perbandingan dua komponen penyimpanan ini baik kelebihan ssd di bandingkan hdd atau sebaliknya mari kita simak

Komponen
SSD
HDD
(Solid State Drive)
(Hard Disk Drive)
Daya
2 - 3 watt
6 - 7 watt
Harga
Masih Mahal
Masih lebih murah
Kapasitas
Notebook: kurang dari 1TB
Notebook: 500GB - 2 TB
Desktop: Max 1TB
Desktop: 6 TB
Waktu booting
10 - 13 detik
30 - 40 detik
Noise (kebisingan)
Tidak memiliki komponen yang bergerak sehingga tidak menghasilkan suara bising
Terdapat komponen bergerak sehingga menghasilkan suara bising
Getaran
Tidak ada getaran
Ada getaran
Panas
Tidak ada menghasilkan panas
Menghasilkan panas
Failure Rate
2.0 juta jam
1,5 juta jam
Kecepatan baca / tulis
Umumnya 200 MB/s, bahkan 550 MB/s untuk SSD yang tercanggih.
Antara 50 – 120 MB/s
Enkripsi (kode sandi)
FDE (Full Disk Encryption)
FDE (Full Disk Encryption)
Kecepatan buka file
30% lebih cepat dari HDD
Lebih lambat
Imbas Gaya Magnet
SSD aman terhadap imbas gaya magnet
Gaya magnet dapat menghapus data.

Nah itulah detail dari kedua perangkat tersebut dan selesai sudah artikel tetang "Perbadingan dan perbedaan ssd dengan Hdd " sekian dan terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan baik Dengan di dasari ketulusan hati bukan untuk kepentingan sendiri